Belajar memahami karakter tinta sablon

Dalam tahapan menyablon kaos sangatlah di perlukan pemahaman tentang karakter tinta sablon demi mendapatkan hasil yang baik. Maka dari itu kedai sablon akan mencoba menjelaskan karakter dan jenis tinta sablon.

Tinta sablon terbagi menjadi 2 jenis, ada tinta sablon yang larut dalam air yang sering biasa kami sebut tinta waterbase dan ada juga tinta yang tidak larut dalam air atau tinta sablon yang berbasis minyak.

  • Tinta sablon larut dalam air (waterbase)

Karakter tinta sablon ini meresap ke dalam serat kain, hasil sablon terasa lebih lembut di bandingkan dengan tinta sablon berbasis minyak, tinta sablon ini sangat baik mencetak warna gelap untuk kain yang warnanya lebih lembut dan ketahanan terhadap kain bisa tahan lama. Selain itu untuk mendapatkan hasil sablon yang baik, merek atau jenis tinta rubber sangat mendukung hasilnya dan kualitas sablon. Kedai sablon biasanya menggunakan tinta rubber matsui, selain kualitasnya yang baik, tinta sablon ini tidak mudah buntu ke screen saat proses penyablonan. Tinta matsui memiliki 3(tiga) karakter yaitu White, Mat(netral), transparan.

Rubber white biasa di gunakan untuk menyablon di kain berwarna gelap, karena tinta sablon ini kental sehingga bisa menutup permukaan kain secara merata. Karena itu tinta ini sering di jadikan sebagai underbase (dasaran) dijadikan sebagai penutup warna kain, sebelum menyablon warna-warna yang inginkan. Rubber white juga bisa di fungsikan untuk  mencari warna-warna muda.

Rubber Mat ( Netral) adalah rubber ini netral antara kental dan transparannya seimbang, rubber netral ini baik dalam mencari warna-warna tua. Untuk proses penyablonan tinta ini di kain warna gelap, maka sebaiknya bikin underbase rubber white terlebih dahulu, agar hasil sablon lebih maksimal.

Rubber Transparan karena tinta ini berkarakter transparan tinta sablon ini baik dalam proses penyablonan sparasi ( 4 warna ) CMYK. Untuk di baju warna yang lebih tua sebaiknya di beri underbase rubber white terlebih dahulu. Rubber transparan ini juga biasa di gunakan untuk penambahan campuran dengan posfor, untuk melakukan penyablonan Glow in The Dark.

Rekomendasi Kedai Sablon untuk merek tinta sablon berkualitas yang berbasis air adalah merek Matsui import dari Jepang.

tinta sablon matsui

  • Tinta sablon berbasis minyak

Karakter tinta sablon ini berbasis minyak, salah satu jenis tinta sablon yang berbasis minyak adalah plastisol. Tinta plastisol bisa lebih baik mencetak gambar untuk kain-kain warna gelap dari pada tinta rubber (larut dalam air). Tinta plastisol pun sering sekali di gunakan untuk teknik sablon separasi dan simulation color. Gambar yang di hasilkan akan menyerupai atau persis dengan yang aslinya, efek-efek warna yang di dapat sangat baik. Tinta sablon ini pun sering di gunakan untuk mendapatkan efek-efek gold dan silver yang akan mendapatkan hasil yang sangat baik.

Kelemahan dari tinta plastisol adalah tinta sablon ini tidak kering bila hanya di biarkan saja. Karena itu perlu alat bantu untuk proses pengeringan hasil sablon tinta plastisol agar bisa kering. Alat bantu tersebut bisa berupa hair dryer panas. Untuk mendapatkan hasil pengeringan merata di perlukan suhu 180 derajat Celcius. Tinta plastisol biasanya hanya menempel pada kain dan tidak meresap pada serat kain.

Tinta  plastisol biasanya lebih mengarah ke kaos-kaos kelas atas(high class) atau kaos distro karena harga untuk tinta sablon ini harganya lebih mahal dari pada tinta sablon waterbase, dan kaos yang di sablonkan dengan menggunakan tinta sablon ini pun relatif lebih mahal, selain hasilnya yang sangat bagus, ketahanan warna sablonnya pun bisa bertahan betahun-tahun. Kaos yang menggunakan tinta plastisol di sarankan tidak di setrika, karena hasil sablon bisa mengerut. Kedai sablon biasanya menggunakan tinta plastisol wilflex.

Rekomendasi Kedai Sablon untuk merek tinta sablon berkualitas yang berbasis minyak adalah merek Wilflex.

tinta sablon plastisol

 

This entry was posted in matsui, plastisol, sablon, tinta, tinta sablon, tinta sablon matsui, tinta sablon plastisol, tinta sablon rubber matsui and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.

13 Responses to Belajar memahami karakter tinta sablon

  1. Pingback: Belajar sablon untuk pemula

  2. yoan says:

    mksh infonya sob,saya sedang belajar sablon (berbasis air)tapi udah sambil terima order.. mencari kualitas yang baik berarti merknya matsui ya .. kalau yang minyak apa kelebihan dan kekurangannya ,kalo yang air juga.. kalo yang umum yang air ya ??

    • fikar says:

      mantab gan, kalau untuk rubber (water base) merk matsuii emang bagus namun harganya sesuai dengan kualitasnya, :D
      kalau untuk basis minyak yang bagus itu welflex gan, kelebihan yang minyak tidak cepat buntu, tidak mudah pecah dan pudah hasil sablonnya, masih banyak kelebihannya gan, kalau kekurangan yang minyak paling sablonnya gak boleh di setrika, untuk produksi kita butuh alat” khusus lagi untuk ngeringinnya seperti hot gan

  3. dwi says:

    Bedanya plastisol yg murah dan mahal impor /wilfex apa ya bos, sya dah coba plastisol yg murah lokal dibawah 100 rb. sablonan kelihatan bintik2/agak kasar terus yg wilfex gimana?

    • fikar says:

      kalau wilflex texture nya lentur gan, kalau kita buat tebel sablonnya lentur gak tegang seperti plastisol local.

  4. mig says:

    Klo mo beli plastisol wilflex & hot gun dmn mas ?

  5. fredi says:

    Mlm Gan..
    Klw mw beli tinta Matsui dmana ya, klw d agan ada gak n harganya berapa untuk yg white, netral, n transparan. Bgmana cara pemesanannya.
    Sekalian klw yg plastisol Wilflex bisa gak d agan n brapa juga harganya..Thanks gan dtnggu kabarnya..

  6. Pingback: Belajar sablon untuk pemula. | Sablon 63 Company

  7. irman says:

    numpang tanya ya gan..kalo untuk bahan drifit cocok nya pake jenis tinta apa biar hasilnya tipis dan lembut…

  8. udin says:

    Gan toko lucas sps alamatnya mana yah? Minta alamat lengkapnya gan..

  9. Pingback: Mengenali Tinta Sablon | Kedai Sablon

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>